Jelang Pilkada 2024, Polresta Banyumas Gelar Simulasi Sispamkota

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Gubernur yang akan digelar 27 November 2024 mendatang, Polresta bersama Pemkab Banyumas menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Rabu (21/8/2024) siang di sisi selatan Alun- alun Purwokerto. Kegiatan diikuti ratusan personil Polresta Banyumas, termasuk Brimob, TNI, Satpol PP, Dishub dan Petugas Pemadam Kebakaran.

Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro bersama Kapolresta Banyumas Kombes Pol Ari Wibowo dan jajaran Forkopimda, KPU, Bawaslu, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta jajaran Kasat dan Kapolsek lingkup Polresta Banyumas ikut menghadiri acara tersebut.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Ari Wibowo mengatakan Simulasi Sispamkota ini digelar sebagai bentuk antisipasi keamanan di masa perhelatan Pilkada Serentak 2024, di Kabupaten Banyumas. Simulasi ini dilakukan guna memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Banyumas berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.

Adegan dimulai dari atraksi kesiapan dan ketangkasan anggota Polresta Banyumas, kemudian simulasi kegiatan masa kampanye, masa tenang, pengiriman logistik pemilu, pemunggutan suara hingga penghitungan suara di suatu TPS.

Namun setelah itu, ada sejumlah pihak yang tidak terima hasil pencoblosan di TPS tersebut. Sehingga terjadi keributan, dan juga aksi demontrasi yang berujung bentrok dengan aparat Kepolosian. Kemudian dalam simulai digambarkan Polisi mengamankan aksi brutal warga, hingga meledakan benda yang diduga bom.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Ari Wibowo mengatakan Simpamkota dilakukan oleh Polresta Banyumas, untuk mewasapadai adanya ganguan keamanan selama tahapan Pilkada Serentak 2024. Sehingga personil Kepolisian sudah terlatih, dan jika ada ganguan ini Polisi dapat menangani ganguan tersebut sesuai dengan prosedur yang ada.

"Kita berharap simulai ini tidak terjadi di Banyumas, namun saya himbau bagi siapapun yang ingin menganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat kami siap menangganinya," kata Ari Wibowo.

Sementara itu, Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro berterima kasih dan mengapresisasi kerja keras dan kerja cerdas dari jajaran TNI, Polri dengan didukung oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan kalangan masyarakat yang bisa menciptakan kondisi Banyumas dalam suasana adem ayem dan tentrem selama ini. Termasuk saat pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden lalu dapat berjalan aman.

“Saya kembali mengajak kepada TNI, Polri, tokoh dan elemen masyarakat, untuk kembali menjaga kondusifitas wilayah dan keamanan masyarakat dalam menghadapi Pilkada yang akan digelar pada tanggal 27 November mendatang, terutama kepada barisan terdepan yaitu Babinsa dan Babinkamtibmas, untuk selalu bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, dan berkoordinasi dengan para lurah, camat dan kades untuk cipta konsisi,” katanya

Dengan kolaborasi semua pihak, Pj Bupati yakin Banyumas siap menyelenggarakan Pilkada Tahun 2024 secara damai dan aman.

Selain mengadakan Simpamkota, Polresta Banyumas juga akan melakukan gelar pasukan gabungan pengamanan Pilkada yang akan dilaksanakan Jumat (23/8/2024) mendatang, untuk mengawal Pilkada berjalan lancar dan tanpa ganguan.


Rabu, 21 Agustus 2024