Jelang HUT RI ke 79, Pemkab Banyumas Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Menyongsong peringatan Hari Ulang Tahun ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Banyumas membagikan 2.512 Bendera Merah Putih kepada masyarakat, termasuk sejumlah mantan narapidana kasus terorisme (napiter) sebagai upaya meningkatkan nasionalisme. Pembagian ribuan Bendera Merah Putih itu dilaksanakan dalam apel pagi yang dipimpin Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekretaris Daerah Banyumas Junaidi yang diikuti pimpinan OPD, Aparatur Sipil Negara, perwakilan camat, lurah dan 11 mantan napiter Senin 5 Agustus 2025 di halaman Pendopo Si Panji, Purwokerto.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kavupaten Banyumas Eko Heru Surono mengatakan Pembagian Bendera Merah Putih untuk warga Banyumas adalah mendukung Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang digaungkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum)

“Sampai tanggal 1 Agustus 2024 ini Bakesbangpol berhasil mengumpulkan bendera merah putih sebanyak 2.512 bendera. Bendera ini selanjutnya agar dikibarkan selama bulan Agustus untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia dan dikibarkan pada hari hari besar lainnya. Melaksanakan gerakan pembagian bendera tahun 2024, sebagai salah satu identitas, simbol dan alat pemersatu masyarakat Indonesia,” kata Heru saat membacakan laporan.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekretaris Daerah Banyumas Junaidi mengatakan pembagian Bendera Merah Putih itu ditujukan untuk meningkatkan nasionalisme pada masyarakat.

"Mereka tidak ikut berjuang, tapi ikut meresapi makna kemerdekaan. Kita ajak agar mengisi dalam hal positif," katanya.

Junaidi menambahkan bahwa pembagian Bendera Merah Putih tersebut dilakukan secara simbolis kepada para camat dan selanjutnya dibagikan kepada masyarakat Banyumas, termasuk mantan napiter dengan harapan bisa lebih cinta Tanah Air.

Salah seorang napiter Sidiq Ibnu Munardi ikut penerima Bendera Merah Putih. Ia mengaku terharu atas bantuan dan pendampingan yang diberikan selama ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kesbangpol Banyumas dan pihak lain yang selalu setia mendampingi kami. Sehingga kami bisa kembali ke pangkuan RI. Kami ingin memperbaiki diri dan kami mencintai tanah air Indonesia," katanya

Sidik menambahkan bahwa dirinya bersama 11 mantan napiter, saat ini bergabung dalam Yayasan Bakti Pertiwi. Setelah menerima bendera Merah Putih, ia mengaku akan memasang di halaman rumah masing-masing, dan karena masih ada sisa akan dibagikan untuk tetangga yang memerlukan.


Senin, 05 Agustus 2024