Banyumas Tuan Rumah Semarak Kata Kreatif 2024

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Banyumas menjadi tuan rumah Semarak Kata Kreatif 2024 Tingkat Jawa Tengah yang digelar pada tanggal 21 - 23 Juni 2024 di Menara6 Teratai Purwokerto dan GOR Satria Purwokerto. Terpilihnya Banyumas sebagai tuan rumah Semarak Kata Kreatif mengingat kabupaten Banyumas termasuk 5 kabupaten/kota yang meraih penghargaan Ka Ta Kreatif bersama Kabupaten Sleman, Batang, kota Makassar dan Pangkalpinang. Banyumas meraih penghargaan kategori Seni Pertunjukan.

Rangkaian kegiatan Semarak Kata Kreatif 2024 dimulai Jumat kemarin (21/6) diawali dengan kunjungan ke industri kreatif dan Gala Dinner. Sementara pembukaan dilaksanakan Sabtu pagi (22/6) di Menara Teratai Purwokerto, dibuka oleh Asekbang Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko. Turut hadir Biro APBJ Provinsi Rusli Sofyan Murwanto, PLH Kadinporapar Prov Surya Deta Syafrie, Pj Bupati Haung Cahyo Saputro, Pj Sekda Banyumas, Agus Nur Hadie, Dandim 0701 Banyumas Ida Bagus Adi Purnama, Wakapolresta Banyumas AKBP Hendri Yulianto dan undangan lainya.

Semarak Kata Kreatif 2024 yang mengusung tema "Kata Kreatif Gumregah Masyarakat Sumringah" menghadirkan serangkaian acara menarik, mulai dari Workshop, Coaching Clinic, Sertifikasi Barista, Dialog, Kunjungan ke Industri Kreatif, Kuliner dan Seni Pertunjukan, hingga Pameran UMKM Produk Ekraf.

Ada yang spesial pada gelaran Semarak Kata Kreatif tahun ini, yakni tarian kolosal 10.000 Lengger Bicara Pemecahan Rekor MURI pada Sabtu (22/6) di GOR Satria Purwokerto. Sebagaimana diketahui, Lengger Banyumas telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTb) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2019.

PLH Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Surya Deta Syafrie, menyampaikan bahwa Semarak Kata Kreatif 2024 merupakan langkah awal untuk mewujudkan Jawa Tengah sebagai Provinsi kreatif pertama di Indonesia.

"Kami harap acara ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku ekonomi kreatif di Jawa Tengah, dan dapat mendorong pengembangan ekonomi kreatif Jawa Tengah," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, mengungkapkan bahwa Kabupaten Banyumas memiliki potensi yang luar biasa dalam sektor ekonomi kreatif. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Kata Kreatif 2023 kategori seni pertunjukan dari Kemenparekraf/Baparekraf.

"Globalisasi menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian," katanya.

Ia menambahkan melalui kegiatan ini, Banyumas dapat mengenalkan potensi ekonomi kreatif dan mewujudkan Banyumas sebagai daerah yang aman, nyaman, sejuk, dan kondusif.


Senin, 24 Juni 2024