769 Guru Terima Sertifikat Pendidik 2012

Kabupaten Banyumas

Bertempat di Gedung Gurinda Sarwa Mandala Komplek Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, 769 orang guru dari jenjang TK hingga SMK/SMA di Kabupaten Banyumas, Kamis (3/1) menerima Sertifikat Pendidik. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM kepada 5 orang perwakilan yaitu Sri Rohaningsih dari TK Satu Atap Banteran Sumbang, Tri Wigati (SDN 2 Karanganyar Patikraja), Riyadi Setyarsono (SMPN 2 Purwokerto), Ma’rifah Nur Prihatini (SMKN 1 Banyumas), dan Sutarsih (SMAN Sokaraja).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Ir Wahyu Budi Saptono MSi dalam laporannya menjelaskan, ke-769 penerima sertifikat pendidik tersebut adalah guru yang lulus pada Uji Sertifikasi untuk kuota tahun 2012 dengan tempat pelaksanaan Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Total peserta yang dikirimkan pada uji sertifikasi di UMP sebanyak 795 orang. Jadi jumlah yang lulus ujian 96,7 %.

 

Selain itu, pada tahun 2012 Dindik juga mengirimkan guru untuk mengikuti uji sertifikasi di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dari 281 orang yang dikirimkan ke UNY, jumlah kelulusan mencapai 273 orang, atau sebesar 97,2 %. Sertifikat pendidik hasil uji sertifikasi di UNY belum diserahkan karena belum diterima oleh pihak Dindik.

Secara keseluruhan Wahyu menyebut, jumlah kelulusan Uji Sertifikasi Pendidik di Kabupaten Banyumas sejak tahun 2006 hingga tahun 2012 adalah 8.942 orang. Jika diprosentase dari jumlah guru yang ada di Kabupaten Banyumas yaitu 16.962 orang maka jumlah guru yang telah bersertifikat pendidik telah mencapai 52,7%. Sedangkan apabila dirinci berdasarkan status, guru bersertifikat yang berstatus PNS sejumlah 7.710 orang dari 9.625 orang (80,1 %) dan yang non PNS sebanyak 1.232 orang dari 7.337 orang (16,8 %).

Jumlah ini, kata Wahyu membuktikan bahwa kualitas pendidikan di Kabupaten Banyumas terus meningkat. Hal ini katanya tidak terlepas dari peran Bupati Mardjoko dan jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas yang terus melaksanaan pembinaan dan peningkatan pengetahuan dan kompetensi para guru, juga komitmen kuat para guru di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas untuk terus memajukan pendidikan di Kabupaten Banyumas.

Bupati Mardoko dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para penerima sertifikat. Mardjoko berharap diterimanya sertifikat pendidik memacu para guru terus meningkatkan kinerja dan dedikasinya untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Banyumas. Soal tambahan penghasilan yang akan diterima oleh para guru sebagai kompensasi sertifikat tersebut, Mardjoko meminta agar para guru dapat memanfaakan tunjangan profesi yang akan diterimanya dengan baik untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan mereka. Mardjoko juga berpesan agar mereka tidak lupa menabung.


04 01 2013 07:58:4