3 Lembaga Kesehatan di Banyumas Raih Sertifikat ISO 9001:2008

Kabupaten Banyumas

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-48 Tahun 2012

Sebanyak 3 lembaga kesehatan di Kabupaten Banyumas, yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten, Puskesmas Kemranjen II dan Puskesmas Purwokerto Utara II berhasil memperoleh Sertifikat ISO 9001:2008. Sertifikat diserahkan oleh Wakil Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein kepada kepala lembaga masing-masing, usai menjadi Inspektur Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-48, Senin (12/11) di Alun-alun Purwokerto.

Selain sertifikat ISO 9001:2008, dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan Profesi Kepala Puskesmas, Dokter, Perawat, Bidan, Nutrisionis, dan Sanitarian Teladan, serta Rumah Sakit, Puskesmas dan Apotek Terbaik Tingkat Kabupaten Banyumas.

Sertifikat Kepala Puskesmas Teladan Terbaik Pertama diserahkan kepada Kepala Puskesmas II Sumpiuh, Dokter Teladan Terbaik Pertama dr Novita Sabjan dari Puskesmas II Cilongok, Perawat Puskesmas Teladan Terbaik Pertama Rini Suprihatiningsih dari Puskesams II Purwokerto Utara, Bidan Puskesmas Teladan Terbaik Pertama Tien Estuningsih Bidan Desa Nusamangir Kemranjen.

Selanjutnya Nutrisionis Teladan Terbaik Pertama Endah Nur Khalida, Sanitarian Puskesmas Teladan Terbaik Pertama Sudarni dari Puskesmas Somagede, Sarana Kesehatan Terbaik Pertama Kategori Perak RS Islam Purwokerto, Puskesmas Terbaik Pertama Kategori Perak Puskesmas Patikraja, Apotek Terbaik Pertama Kategori Perak Apotek Prima Farma Purwokerto, dan Desa/Kelurahan Siaga Aktif Terbaik Pertama Puskesmas I Desa Karanglo Kecamatan Cilongok.

Upacara HKN ke-48 diikuti antara lain oleh utusan dari Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit swasta di Kabupaten Banyumas, gabungan Puskesmas, Dinas Kesehatan, Lembaga Pendidikan Kesehatan, mahasiswa Perguruan Tinggi dengan Jurusan Kesehatan, Pramuka Saka Bhakti Husada, PMR, Kader Posyandu dan Dokter Kecil.

Dalam amanatnya, wabup membacakan sambutan dari Menteri Kesehatan RI, dr Nafsiah Mboi SpA MPh. Mengawali sambutannya, Menkes menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan bagi suksesnya pembangunan kesehatan, karena pembangunan kesehatan tidak mungkin dilakukan tanpa dukungan, peran serta dan komitmen seluruh pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat.

HKN, kata Nafsiah, diperingati setiap tahun dengan tujuan meningkatkan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan kesehatan. Tema HKN tahun ini, “Indonesia Cinta Sehat”, dengan sub tema “Ibu Selamat Anak Sehat”, menurutnya adalah refleksi dari sikap dan perilaku yang diharapkan dari setiap insan Indonesia, untuk menjadikan kesehatan sebagai dasar tindakan dan motivasi dalam kehidupan sehari-hari, dan sasaran prioritas pembangunan kesehatan.


13 11 2012 14:56:11