58 Pejabat Eselon III dan IV dilantik

Kabupaten Banyumas

Sebanyak 58 Pejabat terdiri dari Eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Senin (23/7) kemarin, diambil sumpah dan dilantik di Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas. Pengambilan sumpah dan pelatikan dilaksanakan langsung oleh Bupati Banyumas Drs Mardjoko MM. Dalam acara tersebut hadir dan turut menyaksikan seluruh Kepala Dinas/Lemtekda dan Camat se Kabupaten Banyumas.
 
Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Kabupaten Banyumas Drs.Nugroho Purwoadi, M.Hum mengatakan, dari 58 pejabat struktural yang dilantik terdiri dari 17 Pejabat eselon III dan 41 Pejabat eselon IV. Sedangkan yang mengalami promosi dari Pejabat Struktural eselon IV/a ke III/b sebanyak 2 Orang dan dari Fungsional umum menjaadi pejabat structural eselon IV sebanyak 10 Orang. Sisanya merupakan mutasi jabatan dalam eselon yang sama.
 
Lebih jauh Nugroho mengatakan, pelantikan dilaksanakaan karena terdapat kekosongan jabatan disebabkan  banyak pejabat yang mengalami pensiun, sehingga untuk secepatnya dilaksanakan pengisian, dalam rangka mendukung pelayanan kepada masyarakat. Terkait dengan jumlah yang sampai mencapai 58 orang itu merupakan pergeseran dalam posisi eselon yang sama dan dalam rangka pengembangan pegawai untuk menambah wawasan dan pengalaman untuk mencapai kematangan.
 
Bupati Mardjoko dalam sambutannya mengatakan, pelantikan dilaksanakan karena adanya kekosongan jabatan  eselon IV dan III karena pensiun, penentuan personil didasarkan oleh usulan para Kepala SKPD untuk kemudian ditampung dan diolah oleh Badan Pertimbangan Jabatan (Baperjakat) kemudian dilaporkan ke Bupati .
 
Terkait dengan kriteria yang ditanyakan dalam penentuan personil Bupati mengatakan “Saya hanya menanyakan 3 unsur yaitu Karakter, Pengabdian  dan Dedikasi,“ ungkap Bupati. Sementara  dimutasikannya Achmad Supartono, Agus Nurhadie, Khoerul Zubeir,  Bupati menambahkan, "Achmad Supartono ditempatkan menjadi Wadir Umum RSUD Banyumas, karena jabatan tersebut adalah posisi sulit karena mengelola pegawai dan keuangan besar sehingga dibutuhkan orang luwes dan tegas,” jelas Bupati.
 
Untuk Khoerul Zubeir dan Untung Sugiyanto, Bupati  menjelaskan, “ Khoerul Zubair jadi Camat Wangon supaya menambah pengalaman karena belum pernah jadi camat, Untung Soegiyanto orangnya berilmu ulama sehingga akan lebih maksimal jika ditempatkan di Bagian Kesra. Selain itu juga untuk menambah pengalaman karena selama ini selalu menjadi camat dan baru pertama kali menjadi Kabag Humas.  Sedangkan untuk Agus Nurhadie yang sebelumnya jadi Kabag Umum dan dimutasikan menjadi Kepala Kantor Diklat, hal ini untuk lebih mematangkan karena di sana banyak hal baru yang dapat dipelajari," papar Bupati.
 
Bupati  Mardjoko juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pegawai Kabuapten Banyumas dengan banyaknya prestasi yang diraih termasuk yang baru-baru ini diterima dari Presiden yaitu Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi dan penghargaan karena Banyumas mampu memproduksi beras di atas rata- rata nasional yaitu 5.1 % dari rata-rata nasional 5%. Sedangkan terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah, Bupati  berpesan, kondisi yang sudah baik jangan dirusak karena Pemilihan Kepala Daerah."Pilihan Anda merupakan hal yang rahasia," pungkas Bupati.


24 07 2012 14:56:06