Ketua Kwarda Jateng Bubarkan Kontingen LT V

Kabupaten Banyumas

Ketua Kwartir Daerah 11 Gerakan Pramuka Jawa Tengah, Prof. Dr. Ir. S. Budi Prayitno Msc, membubarkan Kontingen LT V di Kantor Diklat Kabupaten Banyumas Baturraden, Jumat (17/5). Kontingen LT V terdiri Regu Putra Rajawali dari Pangkalan SMP Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas dan Regu Putri Piros dari Pangkalan SMP Negeri 2 Purworejo, yang masing-masing beranggotakan 8 anggota Pramuka Penggalang.

Regu Putra Rajawali yang menjadi Kontingen Kwarda 11 Jawa Tengah, meraih Juara III dan Regu Putri Piros Juara II pada Lomba Tingkat V yang dilaksanakan tanggal 7-13 Juli di Bumper Wiladatika Cibubur Jakarta. Lomba Tingkat Pramuka Penggalang merupakan lomba tingkat berjenjang, yang dimulai pada tingkat Gugus Depan (LT I), kecamatan (LT II), kota/kabupaten (LT III), provinsi (LT IV).

Ketua Kwarcab Banyumas Ir. Didi Rudwianto, SH, M.Si menyatakan Regu Pramuka Penggalang yang berjumlah 8 orang dengan Pimpinan Regu Izza Arifatur Ramadani telah menorehkan prestasi membanggakan bagi Kwarcab dan Pramuka Banyumas khususnya dam Kwarda 11 Jawa Tengah pada umumnya. ”Prestasi ini merupakan yang pertama kalinya. Hal ini berkat kerja keras dari anak-anak sekalian, bimbingan dan motivasi para pembina serta doa restu dari guru dan orang tua, sehingga akhirnya kita meraih Juara III karena pada LT V sebelumnya hanya masuk lima besar nasional,” jelas Didi.

Ketua Kwarda 11 Prof. Dr. Ir. S. Budi Prayitno. Msc dalam sambutan pelepasan mengatakan rasa bangganya atas prestasi yang diperoleh kontingen LT V kali ini. ”Berkat kerja keras kalian, dalam pertanggungjawaban kepengurusan Kwarda nanti, dengan bangga akan saya laporkan kegiatan Bina Muda telah melahirkan juara-juara pada even nasional,” katanya mendapat aplaus dari undangan yang terdiri dari Kwarcab Banyumas, Kwarcab Purworejo, Ketua Gugus Depan serta orang tua kontengen asal Banyumas.

Pada kesempatan ini Kak Budi juga berjanji akan mengawal dan mengawasi pendidikan kontingen LT V ini sampai jenjang perguruan tinggi. ”Apabila kalian akan bersekolah di Semarang, saya bersedia menjadi Bapak asuh dari adik-adik semua,” janji Ketua Kwarda.

Iza sang ketua regu dalam pesan dan kesan menyampaikan kontingen Jawa Tengah pada perhelatan tersebut menjadi sorotan, karena gaya medok Banyumasannya. Iza juga merasa bangga menjadi pusat perhatian dari berbagai media. ”Sejak kegiatan Packing kami sering ditanya oleh berbagai media, dan saya mendapat informasi bahwa foto kami tersebar di media termasuk di internet,” katanya bangga.

Acara pembuabaran kontengen ini dilaksanakan dengan kegiatan syukuran dengan pemotongan tumpeng menjadi empat oleh Ketua Kwarda 11 masing-masing diberikan kepada Ketua Regu Iza dan Desi serta kepada Ketua Gugus Depan / Kepala Sekolah SMP N 1 Sumbang dan SMPN 2 Purworejo, selanjutnya penyerahan bendera kontingen dan diakhiri jabat tangan.


19 07 2012 14:56:03