Mantapkan Kesiapan Pengamanan Pilkada, Pemkab Gelar Apel Satlinmas

Kabupaten Banyumas

Untuk memantapkan kesiapsiagaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam pengamanan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2013, Pemkab Banyumas menggelar Apel Kesiapsiagaan di halaman GOR Satria Purwokerto. Apel dilaksanakan Selasa (29/1) diikuti oleh perwakilan anggota Linmas dari desa/kelurahan se-Kabupaten Banyumas, disaksikan oleh para Kepala Dinas/Lemtekda dan Camat. Bertindak selaku Pembina Apel, Bupati Banyumas, Drs. Mardjoko, MM.

 

Dalam sambutannya Bupati Mardjoko mengatakan, dalam rangka penyelenggaraan Pemilu, baik Pemilu DPR, DPD dan DPRD; Pemilu Presiden dan Wakil Presiden; maupun Pemilu Kepala Daerah diperlukan situasi dan kondisi yang kondusif, sehingga masyarakat yang berhak memilih dapat menyalurkan aspirasi politik dengan aman, tenang dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Untuk mewujudkan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan Pemilu diperlukan Satuan Perlindungan Masyarakat yang sigap, cekatan, prima, disiplin dan profesional.

 

Bupati Mardjoko menyebut, dalam pasal 2 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  10 tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum disebutkan, Satuan Linmas mempunyai tugas (a) menjaga dan memelihara ketenteraman, ketertiban, dan keamanan di setiap TPS; dan (b) berkoordinasi dengan instansi terkait dalam menjaga dan memelihara ketenteraman, ketertiban, dan keamanan di setiap TPS.

 

Mendasarkan pada ketentuan tersebut, kata bupati, satuan Linmas memiliki peran yang sangat strategis, yaitu sebagai pilar utama dan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas pengamanan, baik langsung maupun tidak langsung terhadap kegiatan Pemilukada. Linmas juga harus berperan aktif untuk kelancaran jalannya pemungutan suara di sejumlah TPS maupun dalam menjaga dan memelihara keamanan, ketenteraman serta ketertiban masyarakat selama berlangsungnya Pemilukada sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku. 

 

Mardjoko berharap jajaran Satlinmas Kabupaten Banyumas terus memantapkan solidaritas, jiwa korsa dilandasi dengan Sumpah Hansip Tri Satya Samapta Bhakti. Bupati juga berharap, dalam rangka menyukseskan rangkaian tahapan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Banyumas tahun 2013, jajaran Satlinmas supaya bekerja sesuai dengan tupoksi. Pelaksanaan tugas ini supaya dilakukan melalui pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsipatif, dengan sikap tegas namun wajah yang manis, serta tidak mengenal kompromi, sehingga tidak melanggar hukum.

 

“Sukses Pilkada menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, Satlinmas harus mengoptimalkan peran dan fungsinya untuk mendukung, bekerjasama dan berkoordinasi dengan jajaran instansi keamanan terkait” tegasnya.

 

Mengakhiri sambutannya, atas nama Pemerintah Kabupaten Banyumas Mardjoko mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran Satlinmas Kabupaten Banyumas yang senantiasa konsisten, berdedikasi dan mengabdi tanpa pamrih, dalam menjalankan peran dan fungsinya, yakni membantu aparat keamanan, dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

“Saya berharap, dedikasi dan pengabdian Satlinmas dapat dipertahankan, ditingkatkan bahkan lebih dikembangkan, bagi suksesnya penyelenggaraan Pilkada Banyumas tanggal 17 Februari 2013, serta terwujudnya seluruh wilayah Kabupaten Banyumas yang aman, damai dan kondusif” pesannya.


30 01 2013 07:37:3