Mantan Perangkat Desa Terima Tali Asih

Kabupaten Banyumas

Sebanyak 44 mantan perangkat desa yang terdiri dari 1 Kepala Desa dan 44 Perangkat Desa di wilayah Kabupaten Banyumas yang telah purna tugas/meninggal dunia, Selasa (19/6) kemarin, menerima tali asih dan uang duka dari Pemerintah Kabupaten Banyumas. Tali asih dan uang duka diserahkan langsung oleh Bupati Drs. Mardjoko MM di gedung Graha Satria Komplek Setda Kabupaten Banyumas. Hadir menyaksikan dalam acara tersebut Kepala Dinas terkait, camat dan BPD masing-masing desa penerima.

 

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Banyumas Agus Suprianto, S.IP., M.Si dalam laporannya mengatakan, pemeberian tali asih dan uang duka berdasarkan Peraturan Bupati Banyumas Nomor 73 Tahun 2010 tentang Pedoman Umum Pemberian Tali Asih bagi Kepala Desa yang Diberhentikan Dengan Hormat dan Uang Duka Bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa yang meninggal dunia di wilayah Kabupaten Banyumas.

 

Agus menambahkan, tahun anggaran 2012 Pemkab Banyumas mengalokasikan dana untuk pemberian bantuan keuangan kepada pemerintah Desa berupa pemberian tali asih dan uang duka bagi kepala desa dan perangkat desa yang diberhentikan dengan hormat/meninggal dunia sebesar Rp. 545.000.000,- (Lima ratus empat puluh lima juta rupiah). “Penetapan bantuan ditetapkan oleh Bupati Banyumas atas usulan dari Kepala Desa melalui Camat,“ jelasnya.

 

Sedangkan besaran tali asih dan uang duka sebagaimana ketentuan Perbub Nomor 73 tahun 2010 jelas Agus adalah tali asih bagi Kepala Desa sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta) dan perangkat desa Rp. 2.000.000,- (dua juta ), sedangkan uang duka bagi kepala desa sebesar Rp. 2.000.000,- (dua juta) dan perangkat desa Rp. 1.000.000,- (satu juta). Penyaluran tali asih diberikan dalam 2 tahap, tahap pertama sebesar Rp. 95.000.000,- (sembilan puluh lima juta) diberikan kepada 44 perangkat Desa terdiri dari 1 Kepala Desa yaitu Kades Banjarparakan yang telah meninggal dunia dan 43 perangkat Desa terdiri dari 4 sudah meninggal dunia dan 38 masih hidup.

 

Bupati Mardjoko dalam sambutannya mengatakan, pemberian bantuan tali asih serta uang duka bagi kepala desa/Perangkat Desa yang pensiun atau meninggal dunia, merupakan wujud ucapan terima kasih dan penghargaan Pemerintah Kabupaten Banyumas kepada kepala desa/perangkat desa atas dedikasi dan pengabdiannya dalam penyelenggaraan pemerintah desa. Pemberian tali asih dan uang duka juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan para kepala desa/perangkat desa yang telah pensiun, maupun keluarga kepala desa/perangkat desa yang meninggal dunia.

 

Terkait dengan pemberian tali asih Bupati berpesan, agar para penerima tidak melihat besar kecilnya nilai bantuan, namun lebih melihat tali asih ini sebagai wujud perhatian, kepedulian dan ungkapan rasa terima kasih Pemerintah Kabupaten Banyumas kepada para kades dan perangkat desa yang sudah purna tugas. Apa yang sudah diterima agar bisa disyukuri sehingga nantinya akan mendatangkan ketentraman dan kedamaian. Saya berharap agar saudara sekalian dapat menggunakan waktu purnatugas untuk banyak beribadah dan bersosial,“ pesan Bupati.

 

 

 

An. Kabid Kominfo

Kasie Telematika, Pos, dan Telekomunikasi

 

 

Jakarta Tisam, S. STP., M.Si.


05 07 2012 14:56:20