Bupati Apresiasi Swadaya Masyarakat Desa Alasmalang dan Karangsalam

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas Drs Mardjoko MM, Selasa (22/5) kemarin, meninjau pelaksanaan peningkatan Jalan Kemranjen – Tanggeran. Peningkatan Jalan Kemranjen - Tanggeran yang berada di sepanjang Desa Karangsalam - Alas Malang Kecamatan Kemranjen merupakan salah satu wujud apresiasi Bupati Mardjoko dan Pemkab Banyumas kepada masyarakat setempat atas swadaya pelebaran jalan yang bernilai kurang lebih 800 juta rupiah yang dicanangkan pada 27 Juli 2011 tahun lalu.

Usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan talud, Bupati Mardjoko menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada masyarakat Alasmalang dan Karangsalam Kecamatan Kemranjen. Warga telah membantu pembangunan jalan sebagai fasilitas umum dengan merelakan sebagian tanahnya sehingga jalan yang semula hanya 4 m menjadi 6,5 meter. “Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Karangsalam dan Alasmalang yang telah merelakan tanahnya untuk pelebaran jalan sehingga menjadi lebih lebar dan nyaman,“ ungkapnya.

Bupati juga mengatakan, selama pelaksanan pembangunan diharapkan masyarakat untuk turut serta mengawasi pelaksanaan pengaspalan jalan sehingga hasilnya maksimal sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan. “Selain itu saya minta masyarakat turut serta memeliharanya usai diaspal agar tidak cepat rusak, “ jelasnya.

Kepada penyedia jasa yaitu CV Niagara Raya, Bupati meminta agar pembangunan dilaksanakan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dalam dokumen proyek. “Saya minta kepada CV Niagara Raya untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan bestek dan jangan mengurangi sehingga nantinya pemerintah dan masyarakat akan lebih percaya,“ imbuhnya.

Kabag Pembangunan, Srie Yono yang turut mendampingi mengatakan, peningkatan Jalan Kemranjen- Tanggeran yang berada di sepanjang Desa Karangsalam dan Alas Malang dilaksanakan oleh CV Niagara Raya yang merupakan penyedia jasa pemenang lelang tanggal 3 Mei 2012. “Mereka telah menandatangani kontrak pada tanggal 14 Mei 2012 dengan nilai kontrak sebesar Rp 3.290.000.000,- (Tiga milyar dua ratus sembilan puluh juta rupiah). Pekerjaan dilaksanakan selama 180 hari kalender dengan paket pekerjaan pembangunan talud, pelebaran, drainase, dan pengaspalan,“ paparnya.

Srie Yono juga mengatakan, lebar jalan semula kurang lebih 4 meter dengan lebar aspal 3 m setelah dilebarkan dari swadaya masyarakat. Kini jalan akan dilebarkan menjadi 6,5 meter dan lebar aspal 5 meter.


25 05 2012 14:24:34