Lokawisata Baturaden Akan Berlakukan Tiket Terusan

Kabupaten Banyumas

Banyumas – Dalam rangka memberikan pelayanan kepada wisatawan, Pemerintah Kabupaten Banyumas memberlakukan “tiket terusan” masuk Lokawisata Baturraden. Dengan tiket terusan ini menjadikan biaya masuk Baturraden menjadi murah dan menghemat saku para wisatawan yang akan berkunjung.

Kepastian pemberlakuan tiket terusan ini setelah DPRD Kabupaten Banyumas dalam Sidang Paripurnanya Selasa (11/3) siang, menetapkan Perubahan Atas Peraturan daerah Kabupaten Banyumas Nomor 20 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha di Kabupaten Banyumas.

Kabid Pariwisata Dinporabudpar Deskart Setyo Djatmiko mengatakan, masyarakat dapat menikmati tujuh wahana milik pemda di Lokawisata Baturraden hanya dengan tiket terusan sebesar Rp.14.000,- termasuk asuransi. Wisatawan dapat menikmati tujuh wahana tersebut yakni pemandangan alam air mancur, pemandian air panas, cascade alam, sepeda air, mobil genjot, luncuran, dan kolam renang.

Lebih lanjut Jatmiko mengatakan dengan adanya tiket terusan, tiket masuk kawasan juga dihapus dalam Raperda. “Penerapan tiket terusan ini menjadikan biaya wisata lebih hemat. Sebelum ada tiket terusan, masyarakat kalau akan menikmati semua wahanan harus mengeluarkan Rp.49 ribu rupiah” katanya.

Kemungkinan jumlah wahana masih bisa bertambah setelah Pemda berhasil menjalin MoU dengan wahana milik swasta. Wahana milik swasta yakni pancuran telu dan pesawat terbang.

“Ini tinggal bagaimana Pemda melakukan MoU dengan pihak swasta. Tiket masuk ditekan hanya Rp.13.500,-, jika ditambah asuransi maka tiket terusannya Rp 14000. Rp.500,- digunakan untuk asuransi,” katanya.

Semula wisatawan dikenakan tarip Rp.10.000,- untuk memasuki kawasan wisata. Sedangkan untuk bisa menikmati berbagai wahana yang ada harus membayar di masing-masing wahana. “Memang jika melihat Rp.14.00,- sekilas terlihat naik terlalu tinggi dan mahal, karena sebelumnya tiket masuk Rp 10 ribu. Tapi dengan tiket terusan ini pengunjung bisa menikmati semua wahana,” jelasnya.

Djatmiko memperkirakan penerapan tiket terusan ini masih akan diberlakukan maksimal dua bulan mendatang. Meski penetapan sudah dilaksanakan, namun masih harus persiapan dilapangan.

Saat ini, kata dia, Pemkab masih harus menyediakan fasilitas tambahan untuk mengantisipasi antrean pengunjung. Sebab, penerapan tiket terusan dimungkinkan ada peningkatan pengunjung. “Tentu harus ada fasilitas tambahan ketika pengunjung mengantri di wahana tertentu,” lanjutnya

Sunber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


12 03 2014 15:28:19