Kwarcab Banyumas Berharap Masuk Rekor MURI

Kabupaten Banyumas

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banyumas, Sabtu (7/4) dinilai oleh Tim dari Kwarda 11 Jateng dalam lomba kwartir tergiat Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tim penilai yang berjumlah enam orang dipimpin oleh Ir. Bambang Bintoro, melakukan penilaian yang dipusatkan di Sanggar Bakti Pramuka di Jl. Prof Dr. Suharso Purwokerto. Tim diterima oleh Wakil Mabicab Ir. Acmad Husein beserta anggota Mabicab, Pengurus Kwarcab, Kwaran, Ketua Gugus Depan, Dewan Kerja Cabang serta perwakilan pramuka.

Dalam penyambutan Tim Penilai, disuguhi tarian dari Pramuka Penggalang Pangkalan SMP Negeri 1 Sumbang. Tarian ini pernah meraih Juara I pada Lomba LT IV beberapa waktu yang lalu dan akan ditampilkan pada LT V yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang di Bumi Perkemahan Cibubur.

Dalam sambutanya Ketua Tim penilai Ir. Bambang Bintoro mengatakan bahwa tujuan tim adalah melakukan penilaian administrasi dan organisasi serta melihat secara langsung kinerja Kwartir Cabang selama kurun waktu 2011. “Dari buku kecil laporan kaledioskop foto ini, saya percaya Kwarcab Banyumas selama tahun 2011 melaksanakan kegiatan kepramukaan dengan sangat baik. Kami yang ada di Kwarda-pun belum bisa membuat buku semacam ini” lanjut Bintoro.

Sementara itu Bupati Banyumas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein mengatakan walaupun sudah 24 kali menjadi Kwarcab Tergiat dimungkinkan masih ada kekurangan. “Untuk itu jangan rikuh pekewuh Tim melakukan penilaian. Katakan jelek kalau memang masih ada kekurangan. Kalah menang dalam lomba adalah biasa, namun kami juga tetap berharap dapat meraih kemenangan lagi,” selorohnya disambut meriah oleh Tim dan tamu undangan.

Ketua Kwarcab Banyumas Ir. Didi Rudwianto menjelaskan, aspek yang dinilai meliputi 5 bidang masing-masing bidang bina muda, bina dewasa, organisasi dan hukum, Pengabdian masyarakat dan Humas, keuangan, dan sarana prasarana serta kesekretariatan. “Setelah menjadi Kwarcab Tergiat selama 24 kali berturut-turut kami kami berharap dapat melengkapinya menjadi yang ke 25 tahun ini, sehingga akan tercatat di Rekor MURI,” kata Didi pada sambutan ucapan selamat datang.

Disela-sela penilaian salah seorang Anggota Tim Achmad Istajib mengatakan bahwa secara umum kegiatan Kwarcab Banyumas sudah baik, sentuhan inovasi terhadap pembinaan Pramuka juga terus berkembang. Achmad menambahkan bahwa Kwarcab Banyumas termasuk Kwarcab peringkat atas pada Kwarda 11 Jawa Tengah. Ket: foto sbg ilustrasi


24 05 2012 14:24:17