2,200 Siswa/Siswi dan Organda Ikuti Apel Aksi Keselamatan Jalan

Kabupaten Banyumas

Sebanyak 2.200 peserta terdiri dari siswa/siswi SMA,SMK, Organda mengikuti Apel Aksi Keselematan Jalan yang di gelar di Alun-alun Purwokerto, minggu (4/11) kemarin, turut hadir dalam kegiatan ini para Pimpinan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FORKOMPINDA) Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas Instansi Tingkat Kabupaten Banyumas dan Camat se Kabupaten Banyumas. Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Banyumas Mardjoko.

Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika (Dinhubkominfo) Abdulah Muhammad,SH.M.Hum dalam laporannya mengatakan pelaksanaan kegiatan aksi keselamtan jalan tahun 2012 adalah berdasarkan surat Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI tanggal 13 Agustus 2012 Nomor AJ.403/2/7/DJPD/2012 perihal tentang Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Peduli Kelelamatan Tahun 2012 dan Keputusan Bupati Banyumas Nomor 163 Tahun 2012 tentang Tim Sosialisasi Keselamatan Jalan

Maksud diselenggarakannya kegiatan jelas Abdullah adalah untuk menekan tingkat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Banyumas dan mengajak masyarakat memahami aspek keselamatan di jalan sedangkan tujuannya sebagai bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Banyumas dalam mendorong terwujudnya penurunan tingkat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Banyumas dan sebagai bentuk sosialisasi dan ajakan peran serta masyarakat untuk ikut serta dalam peduli keselamatan di jalan.

Abdullah menambahkan, kegiatan akan dilanjutkan dengan jalan sehat menyusuri jalan Jenderal Sudirman, Jalan Merdeka, Jalan Gatot Subroto, Jalan Masjid dan Finish di Alun-alun Purwokerto dan akan diberikan door press bagi yang beruntung diantaranya 4 buah sepeda , kulkas, TV berwarna dan hadiah hiburan laiinnya.

Kegiatan aksi apel Siaga Keselamatan Jalan juga diisi dengan pembacaan ikrar dari Pelajar Pelopor Keselamtan Jalan yang berjanji akan selalu taat, tertib,teratur danm mematuhi peraturan lalu lintas di jalan, akan mengutamakan keselamatan jalan setiap berlalu lintas di jalan, berprilaku sopan santun, berempati, membangun budaya keselamatan di jalan, siap menjadi pelor pelajar sadar keselamatan jalan dan senantiasa menunjung tinggi persatuan dan siap menjadi pelopor kerukunan antar pelajar.

Usai memakaikan rompi dan helm serta menyerahkan piala kepada para peraih juara dalam aksi keselamtan jalan tingkat Kabupaten Banyumas masing-masing kepada Juara 1 MAN 2 Purwokerto, Juara 2 SMK Keasatrian Purwokerto, Juara 3 SMK N 2 Purwokerto, Harapan 1 SPM Pelayaran Purwokerto dan Harapan 2 SMA N 4 Purwokerto, Bupati Mardjoko dalam sambutannya mengatakan, kecelakaan lalu lintas, sangat mempengaruhi sendi kehidupan berbangsa, mengingat korban terbesar diderita kelompok usia produktif, yang tidak lain adalah motor kehidupan bahkan majelis umum PBB menganggap korban kecelakaan lalu lintas sebagai epidemic global. bila kita tidak segera melakukan tindakan nyata, maka korban kecelakaan lalu lintas di masa yang akan datang akan semakin bertambah.

Bupati juga mengatakan, untuk mendukung keselamatan jalan, perlu dilakukan pendekatan 5 (lima) pilar yang meliputi  yaitu manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, dan penanganan korban pasca kecelakaan. kelima pilar tersebut tidak akan dapat dilaksanakan secara optimal oleh pemerintah daerah, tetapi perlu dukungan dan kerjasama  yang sinergis dan proporsional oleh semua pemangku kepentingan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Mengakhiri sambutannya  Bupati  menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran Polres Banyumas serta semua pihak terkait atas dukungan, peran serta dan partisipasi aktifnya dalam upaya peningkatan keselamatan jalan di Kabupaten Banyumas, termasuk dalam kegiatan pencanangan dekade aksi keselamatan jalan kabupaten banyumas tahun 2012 pada hari ini.

Bupati berharap, kegitan apel aksi keselamatan jalan  bisa diteruskan bahkan lebih ditingkatkan lagi, termasuk memotivasi seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mengambil peran sesuai dengan potensinya masing-masing. “ mari terus kita sadarkan masyarakat untuk meningkatkan keselamatan jalan. dengan demikian diharapkan akan terjadi penurunan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas sebesar 50 % di Kabupaten Banyumas“ ajaknya


05 11 2012 14:56:16