PENGURUS IPHI BANYUMAS DILANTIK

Kabupaten Banyumas

Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kabupaten Banyumas diperingati di Pendopo Si Panji Sabtu (25/1). Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk melantik Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Banyumas Masa Bhakti 2013-2018, Acara ini di hadiri oleh Bupati Banyumas, Wakil Bupati Banyumas, Forkompinda, Ketua Pengurus Wilayah IPHI Provinsi Jawa Tengah, Pimpinan anggota DPRD Banyumas, Kepala Dinas Kabupaten Banyumas, Rektor/Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, Ormas Banyumas, serta para tamu undangan lainya.

Dr. H. Koribun, M.Si selaku Ketua Panitia mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan ukhuwah islamiyah dengan upaya untuk meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW. Selain itu pelantikan pengurus IPHI yang berdiri sejak tanggal 22 maret 1990, merupakan keinginan para haji untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa, keimanan dan ketaqwaan serta amal nyata dalam upaya melestarikan kemabruran haji. “Salah satu peran penting IPHI adalah memotivasi para jemaah pasca haji, utamanya dalam memelihara dan menjaga nilai-nilai kemabruran haji. Nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal soleh, baik secara individual maupun secara sosial" Kata Koribun.

Sedangkan Bupati Banyumas Ir. H. Ahmad Husein mengatakan bahwa Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan sarana yang tepat untuk mengingat kembali perjuangan Nabi Muhammad dalam menyebarkan syiar Islam menyampaikan dakwah kepada umat manusia, serta membina masyarakat dan membangun peradaban yang mulia.

Bupati juga berharap agar pengurus daerah IPHI Kabupaten Banyumas masa bhakti 2013 – 2018 bisa membangun sinergi dan komitmen keluarga besar IPHI Kabupaten Banyumas dalam rangka melestarikan kemabruran hajinya di tengah-tengah masyarakat, sehingga tercapai kondisi umat dan bangsa yang sejahtera lahir dan batin. IPHI juga diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah daerah dalam pencerahan dan pemberdayaan umat, termasuk dalam membangun kehidupan sosial kemasyarakatan yang islami melalui kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan. “IPHI hendaknya juga bisa berkolaborasi dan bersinenrgi dengan bazda Kabupaten Banyumas dalam menghimpun dan menyalurkan  zakat, infak dan shodaqoh” harap Husein.

Tausiyah peringatan Maulid Nabi disampaikan oleh KH. Drs. Bambang Sucipto, M.Pd.i. Dalam urainnya beliau mengatakan bahwa orang hidup pasti akan mati, maka jangan tanya kita akan mati kapan. Yang penting siapkan bekal untuk menuju surganya Allah SWT. “Adapun yang harus diupayakan oleh manusia adalah tingkatkan prestasi kualitas shalat wajib, , puasa, dan shodaqoh” Papar Bambang.

Bambang juga berpesan agar manusia  selalu menebarkan perdamaian dan meninggalkan segala permusuhan, selalu menjadi suri tauladan  (Uswatun Khasanah) dikalangan umat, serta lebih mencintai Nabi Muhammad SAW, dengan senang mambaca shalawat.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas.


28 01 2014 07:13:22