Pekan Kreatif Nusantara 2012 Dimulai

Kabupaten Banyumas

Pekan Kreatif Nusantara (PKN) Tahun 2012 yang dihelat di GOR Satria Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas, Senin (30/4) dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, H Bibit Waluyo, didampingi Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong, dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand pameran.

Hadir dalam acara tersebut pejabat dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Perdagangan, Kementrian Perindustrian, Kementrian Koperasi dan UKM, Kementrian Kelautan dan Perikanan, anggota Komisi VI DPR RI, pejabat pemerintah Provinsi Jateng, Bupati Banjarnegara, Purbalingga, dan Cilacap, pimpinan Instansi Vertikal, Kepala Dinas Perdagangan se–Provinsi Jateng, pimpinan BUMN/BUMD/Perbankan, serta para rektor/pimpinan Perguruan Tinggi di Purwokerto.

Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM dalam laporannya menuturkan, PKN 2012 yang mengambil tema “Membangun Negeri Melalui Ekonomi Kreatif” tersebut merupakan pameran bertaraf nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan PT Multi Persada.

Acara tersebut digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi ke-430 Kabupaten Banyumas Tahun 2012, untuk menyambut Tahun Kunjungan Wisata Jateng (VISIT JATENG 2013), dan menjadi momentum bagi pengembangan inovasi dan kreativitas dalam memantapkan posisi kesiapan Indonesia untuk bersaing dalam kancah Internasional dan mendukung program Tahun Indonesia Kreatif 2012.

Secara nasional kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana promosi industri dan jasa yang meliputi infrastruktur pemerintah, pariwisata, industri, kerajinan, koperasi dan UMKM, lembaga keuangan, dan jasa lainnya serta kuliner. Tujuannya untuk memajukan ekonomi kerakyatan yang kreatif dan berdaya saing kuat dalam bentuk produk lokal/nasional.

Dalam lingkup kabupaten, PKN diharapkan mendatangkan buyer (pembeli) untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banyumas, membangun tali persahabatan yang kuat antara anggota masyarakat dengan menjalin komunikasi melalui seni budaya, menunjukan kepada investor bahwa Banyumas sangat potensial untuk berinvestasi, serta mendapatkan multiplayer efek secara ekonomi yang langsung bersentuhan dengan UMKM dan masyarakat di Kabupaten Banyumas.

Fasilitas pameran terdiri dari 81 stand ber-ac, dengan rincian 67 stand indoor dalam ruang Gor Satria, dan 14 stand outdoor dengan tenda tertutup. Stand-stand tersebut menampilkan produk-produk unggulan nusantara dan produk kuliner, termasuk didalamnya berbagai ragam masakan/kuliner khas Banyumas. Disamping itu ada pagelaran seni dan budaya yang akan diisi dengan berbagai atraksi kesenian dan kebudayaan dari kabupaten/kota se-Jateng dan paguyuban seni dan budaya yang ada di Kabupaten Banyumas, juga hiburan musik.

PKN 2012 diikuti oleh + 120 peserta dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Perdagangan, Kementrian Perindustrian, Kementrian Koperasi dan UKM, Kementrian Kelautan dan Perikanan, 6 Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Banyumas, 15 BUMN, 3 BUMD, 6 perbankan, swasta, asosiasi perusahaan, UKM, IKM, UMKM dan koperasi.

Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo dalam pengarahannya berharap agar PKN 2012 dapat dijadikan pemacu semangat bagi daerah-daerah agar lebih kreatif. Gubernur juga meminta kepada segenap pengelola pemerintahan dan masyarakat agar terus meningkatkan kinerja dalam mengelola segala potensi yang ada di daerah masing-masing sebagai daya ungkit ekonomi. Bibit mengajak kepada seluruh masyarakat di Jawa Tengah untuk terus membangun dan mengembangkan segala potensi tersebut untuk kemajuan Jawa Tengah.

Saat ini diakuinya kemajuan Jawa Tengah masih kalah dibandingkan tetangga dekatnya, Jawa Timur dan Jawa Barat. Untuk itu Gubernur meminta agar seluruh rakyat Jawa Tengah terus bekerja keras. “Ayo kita bangkit, kerja keras, kejar ketertinggalan ini” ajaknya.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 5 hari, mulai 30 April 2012 sampai dengan 4 Mei 2012 tersebut direncanakan akan ditutup oleh Mentri Koperasi dan UKM Syarif Hasan.


25 05 2012 14:24:23