Banyumas Tuan Rumah Pekan Kreatif Nusantara 2012

Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas dipercaya lagi sebagai Tuan Rumah untuk menggelar even bersekala Nasional. Even yang dikemas dalam bentuk Pekan Kreatif Nusantara (PKN) Tahun 2012 direncanakan akan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 30 April 2012 sampai dengan 4 Mei 2012 bertempat di GOR Satria Purwokerto, Rencananya, pembukaan acara oleh Gubenur jawa Tengah H. Bibit Waluyo dan akan di tutup oleh Mentri Koperasi dan UKM Syarif Hasan.

Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Kabupaten Banyumas Ir. Tjutjun Sunarti Rochidie mengatakan, PKN Tahun 2012 yang bertema “Membangun Negeri Melalui Ekonomi Kreatif” merupakan pameran bertaraf Nasional yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan PT. Multi Persada (Jakarta), sebagai upaya untuk mendorong daya saing dan daya kreatif para wirausaha di berbagai wilayah di Indonesia.

Latar belakang dilaksanakan kegiatan PKN, jelas Tjutjun, adalah sebagai salah satu pelaksanaan Tahun 2012 sebagai Tahun Indonesia Kreatif, yang menjadi momentum bagi pengembangan inovasi dan kreatifitas, dalam memantapkan posisi kesiapan Indonesia bersaing dalam kancah Internasional juga untuk menyambut Tahun Kunjungan Wisata Jateng 2013 (VISIT JATENG 2013) sekaligus sebagai kegiatan dalam rangka Memperingati Hadi Jadi Ke-430 Kabupaten Banyumas Tahun 2012.

Tujutjun menambahkan, peserta kegiatan PKN sejumlah 120 peserta yang terdiri dari Kementrian terkait (Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Perdagangan, Kementrian Perindustrian, Kementrian Koperasi dan UKM, Kementrian Kelautan dan Perikanan), 6 Pemerintah Daerah Provinsi, 15 BUMN, 3 BUMD, 6 Perbankan, Swasta, Asosiasi Perusahaan, UKM, IKM, UMKM dan Koperasi.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan, adalah untuk menjadikan Pekan Kreatif Nusantara 2012 sebagai sarana promosi industri dan jasa yang meliputi infrastruktur pemerintah, pariwisata, industri, kerajinan, koperasi & UMKM, lembaga keuangan dan jasa lainnya, serta kuliner, dengan tujuan memajukan ekonomi kerakyatan yang kreatif dan berdaya saing kuat dalam bentuk produk lokal/ Nasional, mendatangkan buyer (pembeli) dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banyumas, membangun tali persahabatan yang kuat antara anggota masyarakat dengan menjalin komunikasi melalui seni budaya, menunjukan kepada investor bahwa Banyumas sangat potensial untuk berinvestasi, menyongsong Visit Jateng 2013 dimana Kabupaten Banyumas sebagai salah satu dari 4 destinasi utama, yaitu Purwokerto-Pangandaran dan mendapatkan multiplayer efek secara ekonomi yang langsung bersentuhan dengan UMKM dan masyarakat di Kabupaten Banyumas.

Adapun ruang lingkup kegiatan, jelas Tjutjun, direncanakan dalam bentuk Pameran Potensi Ekonomi dan Produk Unggulan yang akan menampilkan produk-produk unggulan yang meliputi infrastruktur pemerintah, pariwisata, Industri kerajinan, koprasi & UMKM, lembaga keuangan, dan jasa lainnya serta kuliner, dengan tujuan memajukan ekonomi kerakyatan yang kreatif dan berdaya saing kuat dalam bentuk produk lokal / Nasional, Pesta Kuliner Nusaantara/Street Party menampilkan ragam, ciri dan khas masakan atau kuliner yang dipunyai Banyumas dan Pagelaran Seni dan Budaya akan diisi atraksi kesenian dan kebudayaan dalam bentuk pagelaran yang diisi oleh wakil-wakil dari Kabupaten/Kota se Jateng dan Paguyuban yang ada di Kabupaten Banyumas.

Tjutjun berharap, masyarakat Banyumas dapat menjadi tuan rumah yang baik dengan selalu menjaga iklim kondusif selama peyelenggaraan baik dari sisi keamanan, ketentraman dan ketertiban serta pelayanan pelayanan yang lainnya juga dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk menambah wawasan dan menumbuhkan kreatifitas serta memberikan motivasi dalam menciptakan kreasi-kreasi baru dalam berinovasi dari berbagai bidang.

Redaksi: Rangkaian kegiatan meliputi Pameran Potensi Ekonomi Kreatif dan Produk Unggulan Nusantara, juga ada Pesta Kuliner/Street Party dengan 30 stand kuliner, dan dihibur dengan Pagelaran Seni dan Budaya setiap harinya dari pukul 16:00 – 21:00 mulai dari seni kentongan, musik etnik, jazz, lengger, pop, dan atraksi sulap dengan menampilkan talenta-talenta Banyumas. Keterangan lebih lanjut hubungi Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Jl. Warga Bhakti no.2-4 Purwokerto telp(0281) 637629.


25 05 2012 14:24:22