Perpusda Banyumas Terima Ribuan Buku dari Yayasan Seruling Mas

Kabupaten Banyumas

Dalam rangka meningkatkan gemar membaca dan mencerdaskan masyarakat di wilayah eks Karesidenan Banyumas, Yayasan Seruling Mas (Seruan Eling Banyumas) Pusat Jakarta, Senin (16/4) menyerahkan bahan-bahan pustaka kepada Perpustakaan Daerah di wilayah eks Karesidenan Banyumas. Serah terima ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh masing-masing kepala Kantor Perpusda se-eks Karesidenan Banyumas bertempat di Purwokerto.

Jumlah bahan pustaka berupa buku baru, buku lama, dan buku langka yang disumbangkan sebanyak 4.373 eksemplar, dengan perincian : untuk Kabupaten Banyumas sebanyak 1.096 eksemplar, Cilacap 1.093 eks, Banjarnegara dan Purbalingga masing-masing 1.092 eksemplar. Bagi Kabupaten Banyumas ini merupakan sumbangan yang ke lima kalinya dari Yayasan Seruling Mas, sedangkan untuk Banjarnegara, Purbalingga, dan Cilacap merupakan sumbangan ke empat.

Heryoko Soemarto SH selaku ketua tim Perpustakaan Seruling Mas mengatakan, buku-buku yang diberikan adalah sumbangan dari warga Banyumas yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Tujuannya untuk membantu program pemerintah daerah di wilayah eks Karesidenan Banyumas dalam rangka mencerdaskan masyarakat melalui Perpustakaan Daerah.

Bupati Banyumas yang diwakili oleh Sekda, Ir Mayangkoro mengapresiasi kepedulian Yayasan Seruling Mas untuk menumbuhkembangkan minat baca dan membantu program pemerintah daerah mencerdaskan masyarakat di wilayah eks Karesidenan Banyumas. Mayangkoro mengatakan, sumbangan bahan pustaka dari Yayasan Seruling Mas tersebut sangat bermanfaat bagi Perpusda.

Kepala Kantor Perpusda Kabupaten Banyumas, Z Firmansyah, sebagaimana diungkapkan Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan, Subarkah HS mengatakan, buku-buku yang disumbangkan adalah bahan pustaka yang banyak dibutuhkan oleh kalangan mahasiswa dan pelajar, mengingat di Purwokerto terdapat banyak sekolah dan Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta.

Subarkah menambahkan, keberadaan sekolah dan Perguruan Tinggi di Purwokerto memang berdampak positif terhadap tingkat kunjungan di Perpusda Kabupaten Banyumas. Berdasarkan data di Perpusda, kata Subarkah, saat ini mayoritas pengunjung dan peminjam buku di Perpusda adalah mahasiswa dan pelajar.


24 05 2012 14:24:13