89 Pengasuh Ponpes Terima Pembinaan

Kabupaten Banyumas

Sebanyak 89 Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidzul dan Hafidz/Hafidzoh yang tersebar dalam 21 Kecamatan di Kabupaten Banyumas, Senin (16/4) kemarin, menerima pembinaan di Graha Satria. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Pembinaan Pengasuh/Pengelola Ponpes Tahfidzul Quran dan Hafidz /Hafidzoh dibuka oleh Kepala Bagian Kesra Khaerul Zubair atas nama Bupati Banyumas.

Kasubag Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Sugiyono, SH dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakan pembinaan adalah untuk mewujudkan pembentukan kader generasi muda yang Islami melalui penyiapan kader-kader Tahfidzul Quran dan Hafidz/Hafidzoh untuk mendukung sumber daya pembangunan yang berkwalitas dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat , berbangsa, dan berbudaya dengan maksud untuk mencapai kesepahaman dan solusi sebagaimana mengembangkan Hafidz/Hafidzoh usia sekolah agar dapat tumbuh pada sentra-sentra pembinaan di luar pondok pesantren untuk kepentingan masyarakat luas.

Sugiyono juga menjelaskan, para peserta yang berasal dari 21 Kecamatan akan menerima materi yang disampaikan oleh Drs. H. Bambang Sucipto, MPd.I, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyumas dengan materi Pembelajaran Tahfidzul Quran sejak usia dini, Mohammad Toha Alawy, pengasuh Ponpes At Tohiriyah, Desa Karangsalam, Kecamatan Kedungbanteng, yang akan menyampaikan materi tentang Kesinambungan Tahfidzul Quran dan H. Mamun Al Kahfi, SH.I, pengasuh pondok pesantren al Husaeni Purwokerto Barat dengan materi Metode Pembelajaran Tahfidzul Quran di luar Ponpes.

Bupati Banyumas dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kabag Kesra, mengatakan, kitab Al-Quran memiliki pengaruh yang besar terhadap kepribadian manusia, karena karena mengandung berbagai prinsip dan dasar-dasar yang solid bagi character building sehingga melalui bacaan Al-Quran, perenungan, dan penyimakan dengan khusyuk dapat merekonstruksi kepribadian seseorang.

Bupati juga mengatakan, Al-Quran juga mengajarkan seseorang untuk menjadi kreatif, memimpin, bahagia, dan sukses fi dun-ya wal akhiroh. Dengan berpegang teguh pada Al-Quran dan menjaga tilawahnya, akan berpengaruh positif terhadap kepribadian seseorang, meningkatkan sistem kekebalan dalam dirinya, melindunginya dari berbagai penyakit psikologis, serta membantunya untuk sukses dalam mengambil keputusan-keputusan yang sulit.


24 05 2012 14:24:12