Limpakuwus Maju Lomba Tingkat Provinsi

Kabupaten Banyumas

Desa Limpakuwus Kecamatan Sumbang dinilai oleh Tim Penilai Lomba Desa Berkembang Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Kamis (14/4) kemarin. Tim disambut oleh Bupati Banyumas Drs Mardjoko MM, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Kepala SKPD, Muspika Kepala Desa dan masyarakat desa Limpakuwus di Balai Desa setempat.

Dalam sambutanya Bupati Mardjoko mengatakan bahwa Desa Limpakuwus saat ini mengalami perubahan yang sangat besar. “Pada masa lalu, ketertinggalan identik dengan desa ini, yaitu Desa Limpakuwus. Tetapi berkat kerja keras semua pihak Limpakuwus sekarang dapat meninggalkan desa lain bahkan masuk 6 Besar Tingkat Provinsi,” kata Bupati Mardjoko.

Tim berjumlah tujuh orang yang dipimpin oleh Dra. Sumirah, MPd. Dalam sambutanya Sumirah mengatakan maksud dan tujuan dari lomba, adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan di desa berkembang dengan mensinergikan program-program lintas sektoral dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga dalam rangka memperingati HUT Provinsi Jawa Tengah Ke-61 Tahun 2011. “Materi penilaian diantaranya bidang pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi dan Lembaga Kemasyarakatan, Pemerintahan, Sosial Budaya Masyarakat dan PKK,” terang Sumirah.

Disela-sela penilaian Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BAPERMAS PKB) Kabupaten Banyumas, Drs. Wahyu Budi Saptono, MM mengatakan Desa Limpakuwus merupakan salah satu desa dari 825 desa berkembang penerima bantuan keuangan Gubenur Tahun 2009 dan 2010 di Provinsi Jawa Tengah. Setelah melengkapi data administrasi masuk 6 besar Lomba Desa Berkembang Tingkat provinsi Jawa Tengah. “Untuk menentukan Terbaik I Tim berkunjung ke lapangan” demikian diungkapkan oleh Wahyu.

Wahyu juga menjelaskan, dari 148 Desa berkembang di Kabupaten Banyumas yang telah menerima bantuan keuangan Gubernur adalah 42 desa, tersebar di 16 Kecamatan dengan perincian 16 desa Tahun 2009, 11 desa tahun 2010 dan 15 desa tahun 2011. Besaranya bantuan masing-masing desa Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah), dan Desa Limpakuwus adalah yang paling tertib administrasi dan paling baik kemanfaatannya berdasarkan seleksi yang dilaksanakan waktu yang lalu, karena mampu mengembangkan bantuan Gubenur tahun 2010.

Wahyu menambahkan, untuk merealisasikan program Bali Ndesa Mbangun Desa di Kabupaten Banyumas, Bupati Mardjoko telah mewujudkan dengan gerakan terpadu Mbangun Desa (Gardu Bangdes) dengan sistem Glatik Nebo yaitu gerakan bersama sama, terpadu, terarah antar dinas/ instansi terkait untuk membina Desa berkembang sesuai dengan tupoksi masing-masing dengan tujuan meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat pedesaan sehingga terwujud tetap tegaknya NKRI.


24 05 2012 14:24:8