PNS Pemkab Banyumas Ikuti Pengajian Ramadhan

Kabupaten Banyumas

Jum’at, 11 Juli 2014
PNS Pemkab Banyumas Ikuti Pengajian Ramadhan
Banyumas – Puluhan PNS di sekitar Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas mengikuti pengajian yang disampaikan oleh Ustad H. Mintaraga Eman Surya, LC, Jum’at (11/7) di Gedung Graha Satria Purwokerto.  
Kabag Humas Setda Banyumas Drs Achmad Suryanto M,Si yang membuka acara mengatakan bahwa pengajian Jum’at pagi selama bulan puasa ini, dalam rangka mengisi rangkaian kegiatan Amaliyah Ramadhan di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas. “Pengajian Amaliyah Ramadhan kali ini merupakan kali kedua selama bulan Ramadhan” katanya.
Ustad Mintaraga menyampaikan tauziah dengan pembawaan yang santai tetapi serius, serta diselingi canda. Mengawali pengajian secara berkelakar mengatakan bahwa banyak orang Banyumas yang gagal berpuasa. Hal ini ditandai dengan banyaknya sampah yang menumpuk justru disaat bulan puasa. “Hakikat puasa sejatinya adalah untuk melatih diri se efisien mungkin dalam menjalani kehidupan menuju terbentuknya pribadi yang utama (ketaqwaan)” katanya.
Lebih lanjut Ustad Mintaraga mengajak kepada para PNS yang hadir untuk mengubah pola puasa saat ini. “Kalau menyimak hakikat diatas tentunya ada yang salah dalam puasa kita selama ini, karena fenomena yang ada menunjukan peningkatan kebutuhan justru disat puasa” jelasnya.
“Dengan kebutuhan dan sampah yang meningkat, menunjukan bahwa tidak ada efisiensi dalam bulan puasa ini, tetapi justru peningkatan kebutuhan, pada Nabi Muhammad SAW mencontohkan bahwa saat berbuka beliau hanya memakan 3 buah kurma” terangnya.
Tentu itu harus menjadi tauladan bagi kita, bahwa saat berbuka kita tidak berlebihan. “Sering kita melihat sebelum berbuka semua makanan dihadangkan dari kolak, buah dan makanan lain secara berlebihan” contohnya.
Untuk itu Ustad Mintaraga mengajak untuk mengembalikan niat berpuasa adalah dengan niat yang benar-benar karena Ridho-Nya. Mayuh mumpung isih urip, mumpung isih menangi lan mumpung isih kongang kita kembali intropeksi diri “sudah benarkah puasa kita” sebagaimana dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW” pungkas Ustad dari Universitas Muhammadyah Purwokerto itu.


14 07 2014 08:19:56