Penyerahan DPA Awali Pembangunan di Banyumas

Kabupaten Banyumas

Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Pemerintah Kabupaten Banyumas Tahun 2014 kepada masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di jajaran Pemerintahan Kabupaten Banyumas dilakukan oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein kepada Kepala SKPD, Senin (20/1) di Pendopo Sipanji Purwokerto.

Sekda Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono M.Si melaporkankan bahwa penyerahan DPA 2014 kepada masing-masing SKPD, adalah penjabaran dari Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas nomor 15 tahun 2013 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Peraturan Bupati Banyumas Nomor  61 Tahun 2013 tentang Penjabaran  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Menurut Wahyu Proses penyusunan DPA merupakan proses panjang yang diawali Musrenbangdes, Musrenbang Kecamatan sampai dengan Tingkat Kabupaten, yang harus mendapat persetujuan DPRD dan serta koreksi di Tingkat Propinsi sebelum ditetapkan. “Tahun ini merupakan tahun konsolidasi sehingga penyusunan APBD tahun 2014 yang terdiri dari 2.441 DPA merupakan pondasi untuk pelaksanaan pembangunan sampai 2018” jelas Wahyu.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, seusai penyerahan DPA mengatakan, dengan diserahkannya DPA pada hari ini berarti semua aktivitas pembangunan dan pemerintahan di Jajaran Pemerintah Banyumas siap dilaksanakan atas dasar dokumen yang jelas dan terencana.

"APBD Tahun 2014 ini kita sinkronkan dengan APBD Propinsi, yang mencanangkan tahun infra struktur, sehingga APBD Banyumas untuk Infra struktur naik secara signifikan” kata Bupati.

Dikatakan Husein untuk melihat apakah realisasi anggaran dan program serta kegiatan dilaksanakan sesuai dengan target yang diharapkan, juga mempunyai lima sasaran antara lain peningkatan pelayanan publik, penurunan kemiskinan, semakin kecilnya pengangguran, fasilitas umum semakin banyak, bagus dan nyaman serta untuk menciptakan kebanggaan sebagai wong Banyumas.

Achmad Husein berharap pelaksanaan APBD Tahun 2014 ini agar semua kepala SKPD dan pelaksana kegiatan bersama-sama melakukan pencegahan terhadap penyimpangan. “Jangan ada penyimpangan serupiahpun untuk anggaran ini, karena anggaran diperoleh bukan secara tiba-tiba, tetapi dengan cucuran keringat masyarakat Banyumas” pesan Bupati.

Penyerahan DPA dilakukan secara simbolis kepada kepala SKPD yang ada di Kabupaten Banyumas.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


20 01 2014 14:08:14