Banyumas Tuan Rumah Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Propinsi

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS – Kegiatan bulan bhakti karang taruna tingkat Propinsi Jawa Tengah tahun 2014 akan dipusatkan di Kabupaten Banyumas, kegiatan tersebut untuk sementara direncanakan akan berlangsung selama 3 hari pada bulan September mendatang, bertepatan dengan Ulang Tahun Karang Taruna ke 54.

Hal ini terungkap pada rapat persiapan awal antara Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Banyumas dengan Pengurus Karang Taruna yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Pennggulangan Kemiskinan Ir. Kusyanto, Rabu (5/3) di ruang kerjanya.

Kusyanto mengatakan bahwa persiapan awal ini menindaklanjuti surat dari Kepala Dinas Sosial Propinsi Jawa Tengah. “Banyumas mendapat kesempatan menjadi tuan rumah karena pada Tahun 2013 menjadi karang taruna berprestasi tingkat nasional atas nama Karang Taruna Satria Taruna Jaya VIII Desa Kemutug Kidul Kecamatan Baturraden” jelas Kusyanto.

Pemkab Banyumas melalui Dinsosnakertrans menyambut baik atas rencana yang akan dilaksanakan. “Kegiatan ini tidaklah semudah yang diperkirakan, untuk itu pihaknya menghimbau agar semua pihak melakukan persiapan yang matang agar pelaksanaanya kelak berjalan dengan baik dan lancar” pinta Kusyanto pada peserta rapat.

Rapat juga dihadiri oleh Pengurus Karang Taruna Kabupaten, Kasi Pemberdayan Sosial Drs Agus Suprapto M.Si, Ketua Karang Taruna Kecamatan Baturraden Parsito dan Sekretaris Karang Taruna Kemutug Kidul Tinto Fourdianto.

Menurut rencana upacara pembukan dan pameran produk-produk hasil karya karang taruna akan dilaksanakan di Alun-alun Purwokerto, sedangkan puncak acara kegiatan bhakti sosial seperti bantuan pembangunan RTLH, penyerahan bantuan sembako, pemberian bantuan peralatan pertukangan, gotong-royong bersih lingkungan, penghijauan dan donor darah akan dilaksanakan di Desa Kemutug Kidul Kecamatan Baturraden.

Selanjutnya Kusyanto mengingatkan agar dalam persiapan semua panitia senantiasa terus berkoordinasi dengan Instansi terkait lainnya untuk membangun kerjasama agar dapat sama-sama bekerja. Kusyanto juga menyarankan agar kegiatan ini dapat berhasil dan bermanfaat kedepannya.

Ketua karang taruna kecamatan Baturraden Parsito ikut menyambut baik rencana bhakti sosial yang ditempatkan di Desa Kemutug Kidul. “Banyumas dan Kemutug kidul dipilih sebagai tuan rumah, karena kerja keras yang telah ditunjukan dan telah terbukti memiliki kader-kader karang taruna dengan kreatifitas terbaik tingkat nasional” kata Parsito.

Untuk itu pihaknya menjanjikan sambutan terbaik atas kehadiran perwakilan karang taruna dari 35 Kabupaten/Kota se-Propinsi Jawa Tengah dan karang taruna se Kabupaten Banyumas.


06 03 2014 14:36:31